Asesmen adalah proses mengumpulkan informasi dan membuat
keputusan berdasarkan informasi (Blaustein, D. et al. dalam Sudjana; 2008). Hal
ini dilakukan guru untuk mengumpulkan
informasi perkembangan proses belajar mengajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Asesmen dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu :
- Asesmen Konvensional
biasanya menggunakan paper
and pencil test atau disebut dengan asesmen formal atau asesmen
konvensional. Disebut
demikian karena metode inilah yang biasa digunakan oleh guru. Metode paper
and pencil test hanya dapat mengukur kemampuan kognitif peserta didik
namun belum dapat mengukur hasil belajar peserta didik secara holistik.
Soal-soal tes tradisional dibagi menjadi 2 tipe yaitu selected
response items (soal pilihan ganda dan benar-salah, memungkinkan siswa
memilih jawaban di antara alternatif yang tersedia) dan constructed-response
item (esai atau jawaban pendek mengisi titik-titik, mengharuskan siswa
memberikan jawabannya sendiri).
- Asesmen Berbasis Kinerja
Asesmen ini
menginginkan siswa dapat mengerjakan tugas tertentu seperti menulis esai,
melakukan eksperimen, menginterpretasi solusi untuk masalah atau menggambarkan
sesuatu. Siswa mengerjakan beragam tugas selama beberapa hari, bukan tugas yang
dapat diakses beberapa menit. Hal ini merupakan upaya mengukur berbagai macam
keterampilan dan proses intelektual yang kompleks. Asesmen kinerja bisa dalam
bentuk portofolio siswa atau penilaian dalam proses belajar mengajar misalkan
dalam kerja kelompok, eksperimen, atau diskusi kelompok.
Agar tujuan pembelajaran
dapat tercapai dalam melakukan asesmen guru memerlukan instrumen selain paper
and pencil test, artinya diperlukan asesmen yang lain atau alternatif.
Asesmen alternatif yakni asesmen berbasis kinerja tidak menghilangkan asesmen
dengan metode paper and pencil test, tetapi merupakan bentuk
asesmen lain yang dapat mengukur kemampuan peserta didik yang tidak dapat
dijangkau dengan penilaian konvensional. Asesmen kinerja diartikan sebagai
pemanfaatan pendekatan non-tradisional untuk mengakses kinerja atau hasil
belajar peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar