Di tengah krisis kepercayaan dan keprihatinan yang melanda bangsa
ini terhadap satuan-satuan / lembaga-lembaga pendidikan , dari
mulai tingkat PAUD, Sekolah Dasar/Madrsah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah sampai dengan Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun
lembaga pendidikan yang dikelola swasta, setidaknya masih ada yang memiliki
kualitas yang baik.
Terlihatnya mutu pendidikan itu sesuai dengan harapan tidak serta
merta terjadi tapi bisa kita rasakan beberapa tahun mendatang. Keterpurukan
pendidikan yang saat ini banyak dikeluhkan berbagai pihak merupakan implikasi
dari kebijakan – kebijakan beberapa tahun kebelakang.
Agar terwujudnya suatu lembaga pendidikan yang kondusif dan
berkualitas ada beberapa komponen yang harus dimiliki oleh lembaga/satuan
pendidikan, di antaranya :
1.
Memiliki otonomi tanpa ada campur tangan politik
dan kepentingan birokrasi.
2.
Memiliki kurikulum yang
sesuai dengan taraf perkembangan anak didik, kebutuhan, dan karakter bangsa
3.
Memiliki pendidik yang professional sesuai dengan
kompetensinya masing-masing
4.
Memilki tenaga kependidikan yang professional sebagai penunjang terselenggaranya pendidikan
5.
Memilki sarana pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan dan tingkat satuan pendidikan
6.
Memiliki modal yang cukup tidak mengandalkan
subsidi dari pemerintah
7.
Memiliki visi yang jelas yang dijabarkan oleh
misi dan strategi untuk meraihnya, bukan hanya sebagai slogan teoritis
8.
Memiliki manajemen yang baik dengan kontrol yang
intensif
9.
Memiliki kontrol yang jelas
dan intensif terhadap penyelenggaraan pendidikan
Jika melihat komponen di
atas, lembaga pendidikan swastalah yang berpeluang besar untuk menjadi sebuah
lembaga pendidikan yang berkualitas, namun tidak menutup kemungkinan lembaga
pendidikan milik pemerintah (sekolah negeri) pun dapat melakukannya.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar