Senin, 19 September 2011

HAKIKAT BELAJAR


HAKIKAT BELAJAR
 
Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap dari individu yang dihasilkan dari  latihan atau pengalaman, dan belajar sangat mempengaruhi pembentukan karakter dan perilaku individu.
Berikut ini pendapat dari para pakar pendidikan yang mendefinisikan tentang belajar :
  1. Moh. Surya (1981:32)  : “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang”.
  2. Lisnawaty Simanjuntak (1998: 38) :“Belajar adalah perubahan yang relatif menetap dalam potensi tigkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan, dan kerasukan pada susunan syaraf atau dengan kata lain mengetahui dan memahami sesuatu sehingga terjadi perubahan dalam diri seseorang yang belajar”.
  3. Slamento (2003:2) :“Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan”.
  4. T. Raka Joni (1981) : “Belajar adalah perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh matangnya seseorang atau perubahan yang bersifat temporer”.
  5. S.B. Djamarah (2002 : 11) : "Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan".
  6. Witherington (1952) : “Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
  7. Ernest R. Hilgard : “Belajar adalah proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya”.
  8. Howard L Kingsly :“Belajar adalah proses dimana tingkah laku dalam arti luas ditumbuhkan atau diubah melalui praktek atau latihan-latihan”.
  9. Winkel : “Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman”
  10. Gagne (1977)  : “Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu”. 
  11. Crow & Crow  (1958) : “ Belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
  12. Hilgard (1962) : “Belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”. 
  13. Di Vesta dan Thompson (1970): “Belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.lajar Menurut Ahli  

Dari beberapa definisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah perubahan dari diri seseorang yang menyangkut semua aktifitas psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sebelum  dan sesudah belajar.
Posting Komentar