Media dapat di artikan sebagai alat bantu
apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan
pengajaran
Macam – macam Media :
- Berdasarkan gambar dan suara
- Media Auditif
Media yang
mengandalkan kemampuan suara saja, contoh : radio tape recorder, piringan MP3.
- Media Visual
Media yang hanya
mengandalkan indera penglihatan saja, contoh : slides, foto, gambar.
- Media Audiovisual
Media yang
mempunyai unsure suara dan gambar.
-
Audiovisual diam, contoh : soundslides
-
Audiovisual gerak, contoh :
video
- Berdasarkan liputannya :
- Media dengan daya liput luas dan serentak
- Media dengan daya liput terbatas
- Media untuk pengajaran individual
- Berdasarkan bahan pembuatannya :
- Media sederhana
- Media kompleks
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan
dalam memilih media :
- Obyektivitas
- Program pengajaran
- Sasaran program
- Situasi dan kondisi
- Kualitas teknik
- Keefektifan dan efisiensi pengguanaan
Kriteria Pemilihan media (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai ,1991;5)
adalah :
- Ketepatannya dengan tujuan pengajaran
- Dukungan terhadap isi bahan ajar
- Kemudahan memperoleh media
- Ketrampilan guru dalam menggunakannya
- Tersedia waktu untuk menggunakannya
- Sesuai dengan taraf berpikir siswa
Langkah-langkah yang harus ditempuh guru
jika PBM dengan menggunakan media :
- Merumuskan tujuan pengajaran
- Persiapan guru
- Persiapan kelas
- Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media
- Langkah kegiatan belajara siswa
- Langkah evaluasi pengajaran
Nilai-nilai praktis media
pembelajaran menurut Nana Sudjana (1991) adalah :
- Dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir.
- Dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar
- Dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar
- Memberikan pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri
- Menumbuhkan pemikiran yang teratur
- Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu berkembangnya kemampuan berbahasa
- Memperoleh pengalaman yang tak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisiensi dan pengalaman belajar yang lebih sempurna
- Bahan pelajaran akan lebihjelas maknanya, sehingga dapat lebih mudah dipahami siswa
- Metode mengajar akan lebih bervariasi
- Siswa lebih banyak melakukan kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar