Sabtu, 17 September 2011

MEDIA SUMBER BELAJAR DALAM PBM


Media dapat di artikan sebagai alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran

Macam – macam Media :
  1. Berdasarkan gambar dan suara
    1. Media Auditif
Media yang mengandalkan kemampuan suara saja, contoh : radio tape recorder, piringan MP3.
    1. Media Visual
Media yang hanya mengandalkan indera penglihatan saja, contoh : slides, foto, gambar.
    1. Media Audiovisual
Media yang mempunyai unsure suara dan gambar.
-          Audiovisual diam, contoh : soundslides
-          Audiovisual gerak, contoh : video
  1. Berdasarkan liputannya :
    1. Media dengan daya liput luas dan serentak
    2. Media dengan daya liput terbatas
    3. Media untuk pengajaran individual
  2. Berdasarkan bahan pembuatannya :
    1. Media sederhana
    2. Media kompleks

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media :
  1. Obyektivitas
  2. Program pengajaran
  3. Sasaran program
  4. Situasi dan kondisi
  5. Kualitas teknik
  6. Keefektifan dan efisiensi pengguanaan

Kriteria Pemilihan media  (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai ,1991;5) adalah :
  1. Ketepatannya dengan tujuan pengajaran
  2. Dukungan terhadap isi bahan ajar
  3. Kemudahan memperoleh media
  4. Ketrampilan guru dalam menggunakannya
  5. Tersedia waktu untuk menggunakannya
  6. Sesuai dengan taraf berpikir siswa

Langkah-langkah yang harus ditempuh guru jika PBM dengan menggunakan media :
  1. Merumuskan tujuan pengajaran
  2. Persiapan guru
  3. Persiapan kelas
  4. Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media
  5. Langkah kegiatan belajara siswa
  6. Langkah evaluasi pengajaran

Nilai-nilai praktis media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1991) adalah :
  1. Dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir.
  2. Dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar
  3. Dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar
  4. Memberikan pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri
  5. Menumbuhkan pemikiran yang teratur
  6. Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu berkembangnya kemampuan berbahasa
  7. Memperoleh pengalaman yang tak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisiensi dan pengalaman belajar yang lebih sempurna
  8. Bahan pelajaran akan lebihjelas maknanya, sehingga dapat lebih mudah dipahami siswa
  9. Metode mengajar akan lebih bervariasi
  10. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan
Posting Komentar