Kamis, 01 Maret 2012

Bentang alam Benua Australia


       Australia adalah suatu benua yang paling datar di antara benua-benua lainnya di bumi. Sebagain besar wilayah Australira berupa gurun pasir, plato rendah, dan dataran rendah yang sempit di pantai barat dan timur. 
Bentang alam benua ini dapat dibedakan : 
1. Bagian Barat
    Bagian barat terdiri atas pegunungan dan plato barat yang amat luas diantaranya Plato Kimbeley dan Plato Arnhem. Dikawasan ini pula terdapat pegunungan rendah seperti Macdonne II serta di Ayer's Rock di mana dijumpai baru raksasa yang malunjang tinggi dan luas yang disebut Uluru. Selebihnya, bentang alam bagian berat berupa padang pasir.
2. Bagian Timur
    Kawasan ini terdiri atas bentang pegunungan tua dan taratan pegunungan-pegunungan dimulai dari Tanjung York  ke selatan sampai di negara Victoria. Daratan Pegunungan tersebut disebut Pegunungan Pemisah Besar (The Great Dividing Range), yang terdiri atas Pegunungan Biru di selatan. Puncak tertinggi daratan Pegunungan ini adalah Gunung Kosciusko (2.228 m) yang terdapat di Pegunungan Salju (snowy mountains).
3. Bagian Tengah
    Di antar plato barat dengan Pegunungan Pemisah Besar di bagian timur terdapat dataran rendah tengah yang banyak terdapat cekungan-cekungan seperi Danau Eyre dan Torens. Disini banyak pula terdapat sungai-sungai yang bermuara ke danau tersebut. Biasanya, sungai di kawasan ini bersifat tidak tetap karena hanya ada air kalau hujan . Sungai-sungai kering yang ada di kawasan ini disebut Creeks.Di sebelah daerah terdapat dataran rendah Sungai Murray dan Sungai Darling yang merupakan sungai terbesar dan sepanjang di Australia (3.750 km).
4. Dataran Pantai Barat dan Pantai Timur
    Akibat terjadinya penurunan di sepanjang pantai barat oleh proses patahan ke bawah maka terbentuklah dataran pantai yang rendah. Di pantai timur karena adanya proses pengangkatan yang membentuk dataran tinggi di bagian timur menimbulan dataran rendah dengan muculnya sngai-sungai yang pendek dan berguna bagi kegiatan pertanian.
5. Bagian Timur Laut
    Di daerah lepas pantai Queenland terdapat terumbu karang yang sangat luas yang di sebut Karang Penghalang Besar (great barrier Reef) dan merupakan terumbu karang terbesar dan terpanjang di dunia.
Posting Komentar