Kamis, 01 Maret 2012

Jenis-jenis Sengkedan


Sengkedan atau countur farming dilakukan  pada lahan yang miring untuk mencegah terhanyutnya partikel tanah serta mengurangi derasnya aliran air. 
Ada 4 bentuk sengkedan disesuaikan dengan kemiringan lahan, yaitu :

1.      Sengkedan Datar  : Sengkedan ini diperuntukan pada lahan datar dengan kemiringan sampai 3°. Jarak antara 2 tanggul antara 3-6 m, sedangkan pada sebelah tanggul dibuat parit kecil untuk menahan air dan mendorong terjadinya peresapan air.
2.      Sengkedan Kredit : Diperuntukan pada lahan dengan kemiringan 3°-10°. Jarak antara 2 tanggul antara 5-12 m sedangkan tanggulnya diperkuat dengan sisa-sisa batang diberi penutup rumput.
3.      Segkedan Pematang : Sengkedan ini dibuat untuk lahan dengan tingkat kemiringan antara 10°-15°. Sengkedan ini terdiri dari 2 tanggul besar dengan jarak kurang lebih 10 meter yang di antaranya terdapat tanggul-tanggul kecil dengan jarak 2 m. Di sebelah  tanggul atas (arah atas bukit) dibuat saluran pembuangan air.
4.   Sengkedan Bangku : Sengkedan ini sesuai untuk lahan denga tingkat kemiringan antara 15-30. Bentuknya menyerupai bangkukarena antara dua bidang tanah olahan diberi sengkedan yang tajam dan agak serong ke atas. Untuk memperkuat bidang terjal ini ditanami rumput dan diberi saluran pembuangan.

Jenis - jenis sengkedan ini disesuaikan dengan tingkat kemiringan lahan.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

thank u

Unknown mengatakan...

sama2... semoga bisa bermanfaat