Sabtu, 03 Maret 2012

DAFTAR KATA-KATA OPERASIONAL UNTUK INDIKATOR

Dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran maupun pembuatan Kisi-kisi Soal seringkali kita terbentur kesulitan pada penentuan kata-kata operasional  indikator. 
Berikut ini disajikan beberapa kata operasional untuk indikator, semoga bermanfaat.
No
Aspek
Kompetensi
Indikator Kompetensi
1.
Kognitif
Knowledge (Pengetahuan)



Comprehension (Pemahaman)





Application (Penerapan)




Analysis (Analisis)



Synthesis (Sintesis)



Evaluation (Evaluasi)
Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberi nama, memberi label,   melukiskan.

Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan.

mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung

Menguraikan, membagi-bagi, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan

Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan

Mengkritisi, menafsirkan, mengadili dan memberikan evaluasi


No
Aspek
Kompetensi
Indikator Kompetensi
2.
Afektif
Receiving (Penerimaan)


Responding (Menanggapi)


Valuing
(Penanaman Nilai)

Organization (Pengorganisasian)

Characterization (Karakterisasi)


Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.

Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.

Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan dan melakukan

Memverifikasi, menyusun, menyatukan, menghubungkan, mempengaruhi

Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini


No
Aspek
Kompetensi
Indikator Kompetensi
3.




Psychomotor
Gerak jiwa
Observing
(Pengamatan)


Imitation (Peniruan)




Practicing
(Pembiasaan)

Adapting (Penyesuaian)


Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi.

Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah model.

Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.

Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model.