Di tengah krisis kepercayaan dan keprihatinan yang melanda
bangsa ini terhadap satuan-satuan /
lembaga-lembaga pendidikan , dari mulai
tingkat PAUD, Sekolah Dasar/Madrsah Ibtidaiyah,
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah sampai dengan Perguruan
Tinggi, baik Negeri maupun lembaga pendidikan yang dikelola swasta, setidaknya
masih ada yang memiliki kualitas yang baik.
Terlihatnya mutu pendidikan itu sesuai dengan harapan tidak
serta merta terjadi tapi bisa kita rasakan beberapa tahun mendatang.
Keterpurukan pendidikan yang saat ini banyak dikeluhkan berbagai pihak
merupakan implikasi dari kebijakan – kebijakan beberapa tahun kebelakang.
Agar terwujudnya suatu lembaga pendidikan yang kondusif dan berkualitas ada beberapa komponen yang
harus dimiliki oleh lembaga/satuan pendidikan, di antaranya :
- Memiliki otonomi tanpa ada campur tangan politik dan kepentingan birokrasi.
- Memiliki pendidik yang professional sesuai dengan kompetensinya masing-masing
- Memilki tenaga pendidikan yang professional
- Memilki sarana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat satuan pendidikan
- Memiliki modal yang cukup tidak mengandalkan subsidi dari pemerintah
- Memiliki kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan taraf perkembangan anak didik dan kebutuhan
- Memiliki visi yang jelas yang dijabarkan oleh misi dan strategi untuk meraihnya, bukan hanya sebagai slogan teoritis
- Memiliki manajemen yang baik dengan kontrol yang intensif
Jika
melihat 8 komponen di atas, lembaga pendidikan swastalah yang berpeluang besar
untuk menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas namun tidak menutup
kemungkinan lembaga pendidikan milik pemerintah (sekolah negeri) pun dapat
melakukannya.
Semoga
bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar