Selasa, 10 Januari 2012

Manfaat Daun Pepaya

Di pedesaan  daun pepaya merupakan salah satu  daun yang dijadikan lalapan untuk pendamping makan yang tentunya tidak lupa sambalnya, namun karena rasanya yang pahit seringkali dipasangkan dengan daun jambu mete, konon katanya supaya rasa pahitnya hilang. 
Pernah sesekali saya mencoba .... eh ternyata betul, kalo dipasangkan dengan daun jambu mete tak terasa pahitnya....   
Ternyata selain dapat dijadikan lalapan, daun pepaya juga banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat dari daun tersebut yang mudah-mudahan dapat berguna bagi saya dan juga pembaca tentunya... ..
Manfaat daun pepaya di antaranya : 
1Memperlancar pencernaan
Daun  pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain yang dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
2. Menambah nafsu makan
Bagi anak-anak yang sulit untuk makan bisa diatasi dengan cara :  ambil daun pepaya yang segar dan berukuran sebesar telapak tangan,  tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender dan disaring airnya. Minuman inilah yang dapat dijadikan penambah nafsu makan. 
3.Obat jerawat
Daun pepaya dapat mengobati jerawat  dengan membuatnya menjadi masker
4.Nyeri haid
Bagi wanita yang sering nyeri pada saat datang bulan dapat mencoba menggunakan daun pepaya untuk meringankan rasa sakit, caranya : ambil 1 lembar daun saja, tambahkan asam jawa dan garam. Kemudian campur dengan segelas air dan direbus. Minumlah setelah dingin.
5.Demam berdarah
Daun pepaya juga  dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Caranya : ambil 5 lembar daun, tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiga per empatnya saja. 
6.Anti kanker
Ada beberapa wacana menyebutkan bahwa daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Namun ini masih sekedar  wacana jadi perlu penelitian lebih lanjut. 

Selamat mencoba..!

Referensi : dari berbagai sumber
Posting Komentar