Sabtu, 18 Februari 2012

Kurma, Manfaat dan Khasiatnya


Pohon Kurma
Buah Kurma
Buah kurma mungkin tidaklah asing bagi kita, walaupun negara kita bukan penghasil buah kurma. Buah ini mudah kita jumpai apalagi saat bulan puasa.
Buah ini selain enak untuk dimakan ternyata banyak manfaat dan khasiatnya khususnya bagi kesehatan. Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hardiansyah MS khasiat buah kurma  antara lain sebagai berikut:
  
1. Kurma kaya  Kalium. Zat ini mampu menekan Natrium (garam) berlebih yang biasa dialami penderita hipertensi. Penderita hipertensi harus banyak mengonsumsi kalium, karena di dalam tubuhnya banyak terdapat Natrium.
Untuk mencukupi Kalium dalam sehari, kita cukup mengonsumsi kurma sebanyak 5 buah saja. Dengan makan sebanyak itu, selain kebutuhan Kalium terpenuhi juga dapat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot.

2. Buah Kurma mengandung sejenis hormon yang bernama oksitasin. Ada beberapa manfaat dari oksitasin ini, yakni membantu memperlancar persalinan, meningkatkan produksi air susu ibu, dan meningkatkan kemampuan seksual baik untuk perempuan maupun laki-laki.

3. Kurma juga mengandung Zat potusin yang sangat membantu dalam menyembuhkan luka. Hal ini menarik karena terkait dengan penyembuhan luka pada perempuan yang baru saja melahirkan. Semakin cepat sang istri pulih pasti akan membuat suami bahagia,

4. Kurma juga bisa mengobati mereka yang sakit anemia dan demam berdarah. Anemia adalah keadaan di mana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Kurma dapat membantu menambah hemoglobin sampai ke angka normal.

5. Untuk penderita demam berdarah, yang mengalami penurunan jumlah trombosit atau keping darah, juga bisa dibantu mengembalikan kondisinya dengan mengonsumsi buah ini.
Untuk meningkatkan hemoglobin dan trombosit, buah kurma lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus. Buah kurma seberat 500 gram dijus dengan 1 liter air. Diminum satu gelas tiap satu atau dua jam sekali, tergantung tingkat kebutuhannya. Dosis semakin diturunkan jika kondisi membaik,

6. Terakhir, buah ajaib ini juga mengandung zat sililiat, zat yang biasa ada dalam aspirin. Hal inilah yang membuat orang yang mengonsumsi kurma terbantu dalam meningkatkan kerja otak. Selain itu juga bisa membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Selamat mencoba.....

sumber :
kumpulan tips pilihan.blogspot.com
Kompas.com

2 komentar:

Puisi Sakit Hati mengatakan...

Makin keren nih artikelnya mantabss dua jempol deh hehehee

Unknown mengatakan...

Terima kasih....